Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Nota Penjualan Format Word


Contoh Nota Penjualan Format Word

perbedaan nota penjualan dan nota pembelian

1. perbedaan nota penjualan dan nota pembelian


-nota penjualan digunakan untuk mencatat barang yang telah terjual
-nota pembelian digunakan untuk mencatat barang hasil pembelian nota penjualan digunakan untuk mencatat barang yang telah terjual
nota pembelian digunakan untuk mencatat barang hasil pembelian

2. apakah perbedaan nota pembelian dan nota penjualan?


nota pembelian
=“Nota adalah bukti transaksi yang diberikan oleh penjual kepada pembeli atas pembelian barang secara tunai. Nota berfungsi sebagai bukti pengeluaran uang oleh pembeli, sedangkan nota bagi penjual berfungsi sebagai bukti penerimaan uang. Faktur adalah tanda bukti telah terjadi pembelianatau penjualan secara kredit.

sedangakan

nota penjualan
=Nota penjualan berarti dokumen yang menyertai barang yang dikirim oleh penjual kepada pembeli untuk menyatakan keadaan dan jumlah barangNota penjualan berarti dokumen yang menyertai barang yang dikirim oleh penjual kepada pembeli untuk menyatakan keadaan dan jumlah barang

3. Perbedaan nota pemesanan dan nota penjualan


Penjelasan:

=“Nota adalah bukti transaksi yang diberikan oleh penjual kepada pembeli atas pembelian barang secara tunai. Nota berfungsi sebagai bukti pengeluaran uang oleh pembeli, sedangkan nota bagi penjual berfungsi sebagai bukti penerimaan uang. Faktur adalah tanda bukti telah terjadi pembelianatau penjualan secara kredit.


4. materi yang dapat di ubah menjadi format ePub adalah materi dalam bentuk word atau pdf.sebutkan contohnya!​


Jawaban:

Format file PDF,docx salah satunya,misalnya anda menulis materi/makalah di ms.office itu bisa disimpan ke format E-pub, perbedaan format E-pub dan yg lain nya contoh nya PDF/Docx, E-pub lebih dinamis untuk teks dan font ketika kita membuka file nya teks/font otomatis menyesuaikan ukuran kertas (tidak perlu di zoom in dan zoom out seperti pdf dan docx)


5. format format bentuk dokumen yang telah di sediakan oleh microsoft word di sebut


format filenya adalah .doc dan .docx

formatnya?*Extension : Docx , Doc

6. Jelaskan tentang format halaman pada word?


Jawaban:

Formatnya adalah .Docx

Penjelasan:

Karena format file tergantung software pembukanya


7. format format bentuk dokumen yang telah disediakan oleh word disebut?


ektensi _________________
Format format bentuk dokumen yang telah disediakan oleh word disebut extension.ada .txt dan lain-lain

8. Jelaskan fungsi dari bukti transaksi berikut: A, faktur penjualan/faktur copy B faktur pembelin / faktur asli C kuitansi D nota pembelian /nota asli E nota penjualan /nota copy


A)u/ mencatat penjualan secara kredit
B) u/ mencatat pembelian secara kredit
C)tanda bukti yg dibuat Oleh yg menerima uang
D) u/ mencatat pembelian secara tunai
E) u/ mencatat pengembalian BRG yg dibuat Oleg pembeli

9. Contoh pembuatan format komponen pemasaran usaha penjualan


Jawaban:

pembuatan format komponen pemasaran usaha penjualan merupakan sebuah komponen dalam sebuah promosi usaha dalam bentuk promosi dengan menggunakan media cetak maupun menggunakan media iklan sehingga seolah-olah kita menarik pembeli dengan produk produk kita yang kita jual dan kita tawarkan dalam sebuah usaha


10. Format penyimpanan pada ms. Word adalah


Jawaban:

Microsoft Word (versi lama)2003 format penyimpanan nya yaitu doc

Microsoft Word (versi terbaru)2007, 2010,2013, dan 2016 format penyimpanan nya yaitu docx


11. Format character pada ms word


insert
maaf klo salah

12. format format bentuk dokumen yang telah disediakan oleh word disebut?


biasanya doc dan docxformat suatu file disebut extension

13. perbedaan faktur penjualan dan nota penjualan


sok weh pikiran dugi ka aot

14. sebutkan hal hal yang harus dicantumkan dalam faktur atau nota penjualan​


Jawaban:

Dalam artikel ini akan dibahas cara membuat invoice dan faktur dengan cara yang mudah. Invoice atau faktur adalah dokumen wajib yang dimiliki oleh setiap badan usaha kena pajak. Biasanya digunakan sebagai bukti dari transaksi pembelian yang berisi item dan jumlah pembayaran yang harus dibayarkan.

Semua perusahaan, besar, menengah, maupun kecil selalu menggunakan dokumen ini. Fungsinya adalah sebagai alat bukti dari suatu transaksi. Isinya yaitu item nama produk/ jasa dan jumlah yang harus dibayar.

Menurut keterangan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), invoice adalah daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan keterangan nama, jumlah, harga yang harus dibayar. 

Walaupun invoice sudah sangat lazim digunakan, masih banyak orang yang bingung dalam membuatnya. Yang paling penting dalam sebuah invoice adalah harus ada semua informasi yang diperlukan pada saat pihak lain melakukan pembayaran.Tidak ada format baku dalam pembuatan invoce, yang utama adalah informasi yang lengkap dan mudah dimengerti.

10 hal penting yang harus ada dalam invoice, yaitu:

Logo dan nama perusahaan perusahaan penjual

Alamat perusahaan penjual dan email serta nomor telepon

Nama dan keterangan perusahaan yang membeli

Tanggal terjadinya transaksi

Item/ jenis barang atau jasa yang dibeli

Harga setiap jenis barang/ jasa

Harga total tiap barang/ jasa

Pajak yang harus dibayarkan

Harga akhir yang mesti dibayar atau ditagih setelah pajak

Tanda tangan dan nama jelas dari perusahaan penjual

Ini adalah contoh invoice yang dapat Anda tiru:

Selanjutnya akan dijelaskan perbedaan invoice dan nota:

Invoice pada umumnya dipakai untuk badan usaha yang kena pajak, sedangkan nota tidak. Invoice terlihat lebih profesional dibandingkan dengan nota.

Invoice dibuat otomatis dan umumnya sudah memiliki template digitalnya. Nota ditulis secara manual.

Harga barang pada invoice biasanya dikenakan pajak, sementara harga barang pada nota tidak dikenakan pajak.

Data pada invoice yang dicetak akan masuk dalam sistem komputer (ERP). Nota tidak memiliki rekam jejak dalam sistem karena dibuat secara manual.

Mungkin Anda bertanya, sebaiknya invoice rangkap berapa? Jawabnya sesuaikan dengan kebutuhan. Demikian juga untuk nota. Bisa 2, 3, atau bahkan 4.

Baca juga: 6 Langkah Membuat Contoh Kwitansi Pembayaran

Cara agar Pembeli segera Membayar

Masalah selanjutnya setelah invoice dikirimkan adalah pelaksanaan pembayaran dari pembeli. Anda bisa melakukan follow up melalui telepon atau surat apabila invoice sudah jatuh tempo bayar. Apabila pembeli lambat dalam melakukan pembayaran, cobalah untuk datang ke kantor mereka untuk mencari cara terbaik.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar pembeli cepat dalam melakukan pembayaran:

Memberikan Reward untuk Yang Membayar Tepat Waktu.

Ini adalah salah satu cara agar pembeli membayar tepat waktu. Ketika ada janji reward yang diberikan, baik itu hadiah atau point atau diskon untuk pembelian selanjutnya, biasanya pembeli akan terdorong untuk melakukan pembayaran tepat waktu.

Berikan Alternatif Cara Membayar.

Jika pembeli tidak membayar tepat waktu, tanyakan kepada mereka apakah ada problem dalam cara pembayaran? Bisa jadi mereka menghendaki pembayaran dengan cara yang lain. Misalnya Anda menghendaki pembayaran melalui transfer, tetapi mereka lebih suka membayar secara tunai.

Tetap Ramah Kepada Pembeli Yang Telat Bayar.

Anda harus tetap menjaga hubungan baik. Cara penagihan yang kasar dan tidak bersahabat justru akan membuat pembeli mengulur waktu atau bahkan nekat tidak membayar. Jadi tetap pada kesopanan dan keramahan kepada pembeli yang bermasalah.

Kirimkan Invoice Jauh-Jauh Hari Sebelum Jatuh Tempo.

Anda sebaiknya melakukan pengiriman invoice lebih awal agar pembeli bisa menyiapkan dananya. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang memiliki birikrasi yang panjang. Jadi penagihan lebih awal akan membantu pembayaran tepat waktu.

Baca juga: Contoh Surat Tagihan dan Cara Sukses Menagih Hutang

Demikianlah artikel tentang 10 POINT YANG HARUS ADA DALAM INVOICE atau FAKTUR. Semoga meudahkan Anda dalam membuat Invoice kepada pembeli, baik pembeli B to B maupun B to C. Apapun bisnis Anda, baik menjual franchise minuman boba, franchise makanan ayam geprek, menjual produk kecantikan kepada toko, invoice harus selalu ada.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang simple dan terjangkau untuk membantu anda dalam membuat invoice dan membantu penagihan agar arus kas anda terjaga dengan baik. Dengan IREAP Invoice Anda dapat membuat dan memonitor invoice dalam genggaman Anda melaluai

maaf kalau salah

1. Logo dan nama perusahaan penjual

2. Alamat perusahaan penjual dan email serta nomor telepon

3. Nama dan keterangan perusahaan yang membeli

4. Tanggal terjadinya transaksi

5. Item/ jenis barang atau jasa yang dibeli

6. Harga setiap jenis barang/ jasa

7. Harga total tiap barang/ jasa

8. Pajak yang harus dibayarkan

9. Harga akhir yang mesti dibayar atau ditagih setelah pajak

10. Tanda tangan dan nama jelas dari perusahaan penjual


15. pengertian nota penjualan?


bukti transaksi ats transaksi penjualan secara tunai

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Nota Penjualan Format Word"