Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Semester 2
kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 hal.18
1. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 hal.18
Semoga kamu terbantu atas jawaban saya^_^
2. Kunci jawaban buku matematika kelas 7 semester 2 8.1
Kunci jawaban buku matematika kelas 7 semester 2 8.1 Kakak ambil dari buku Matematika kelas 7 semester 2 Kurikulum 2013 revisi 2016 ya! Jawabannya adalah yang sudah kakak sertakan di lampiran di bawah! Semangat adik-adik semua!
PembahasanHalo adik-adik! Balik lagi di Brainly!! Gimana, masih semangat belajar kah? Nah untuk pertanyaan di atas itu sedikit masuk ke materi tentang bangun datar. Oke langsung aja yukkkkk kita bahas. Nah adik-adik sebenarnya pada bagun datar ini dibagi menjadi sua jenis yaitu segitiga dan segiempat. Kemudian pada segiempat terdapat beberapa jenis segiempat yaitu persegi, persegi panjang, jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat. Oke langsung aja yuk kita lihat penjelasan dari jawaban soal di atas yang sudah kakak lampirkan di bawah ya! Semangat! Semoga membantu adik-adik semua!
Pelajari Lebih LanjutAdik-adik semua masih kepingin belajar dan memperdalam materi di atas? Yuk cek aja link-link yang ada di bawah ini ya! Semangat!
Contoh soal memisahkan suatu bangun menjadi 4 bagian yang jika 4 bagian tersebut digabungkan bisa membentuk sebuah persegi : https://brainly.co.id/tugas/10234835 Contoh soal menentukan banyaknya segitiga sama sisi : https://brainly.co.id/tugas/8929799 Contoh soal menentukan banyaknya layang-layang yang diperlukan : https://brainly.co.id/tugas/10056153 Detail JawabanKelas : 7 SMP
Mapel : Matematika
Bab : 4 – Segiempat dan Segitiga
Kode : 7.2.2004
Kata Kunci : Bangun Datar, Segiempat, Layang-layang, Segitiga, Persegi, Persegi Panjang.
3. kunci jawaban buku matematika kelas 7 semester 2 hal 84
Ayo Kita Menalar (Kelas 7 Semester 2 halaman 84)
Seorang pedagang membeli mangga sebanyak 50 kg dengan harga Rp.7.500,00 per kg. Kemudian 30 kg dijual dengan harga Rp.9.000,00 per kg, dan sisanya dijual dengan harga Rp.7.000,00 per kg.
Maka:
a. Harga pembelian dan harga penjualan adalah Rp.375.000,00 dan Rp.390.000,00.
b. Besarnya untung dari hasil penjualan tersebut adalah Rp.15.000,00.
PendahuluanAritmetika sosial adalah materi matematika mengenai hal-hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti tabungan, perdagangan, bruto, netto, bunga, dan lain-lain. Pada permasalahan kali ini, kita akan membahas persoalan mengenai perdagangan. Beberapa hal yang perlu dipahami adalah sebagai berikut:
Perdangan akan mengalami untung jika harga jual > harga beli. Perdangan akan mengalami rugi jika harga jual < harga beli.Dari penjelasan tersebut, mari kita selesaikan permasalahan di atas!
PembahasanDiketahui:
Banyak mangga = 50 kg Harga Beli = Rp.7.500,00/ kg Harga Jual (20 kg) = Rp.9.000,00/ kg Harga Jual (sisa) = Rp.7.000,00/ kgDitanyakan:
a. Harga pembelian dan harga penjualan.
b. Besarnya untung atau rugi dari hasil penjualan tersebut.
Jawab:
a. Harga pembelian dan harga penjualan.
Untuk menentukan harga beli:[tex] Harga \ Beli = 50 \ kg \times Rp.7.500.00/ kg \\ Harga \ Beli = Rp.375.000,00 [/tex]
Jadi harga pembelian mangga seluruhnya adalah Rp.375.000,00.
Untuk menentukan harga jual:[tex] Harga \ Jual = (20 \ kg \times Rp.9.000,00/kg) + ((50 \ kg \ - \ 20 \ kg) \times Rp.7.000,00/kg) \\ Harga \ Jual = Rp.180.000,00 \ + \ (30 \ kg \times Rp.7.000,00) \\ Harga \ Jual = Rp.180.000,00 \ + \ Rp.210.000,00 \\ Harga \ Jual = Rp.390.000,00 [/tex]
Jadi, harga penjualan mangga seluruhnya adalah Rp.390.000,00.
b. Besarnya untung atau rugi dari hasil penjualan tersebut.
Dari harga pembelian dam harga penjualan, kita dapat melihat bahwa harga jual > harga beli. Maka pedagang itu mendapatkan keuntungan.
[tex] Keuntungan = Harga \ Jual \ - \ Harga \ Beli \\ Keuntungan = Rp.390.000,00 \ - \ Rp.375.000,00 \\ Keuntungan = Rp.15.000,00 [/tex]
Jadi, keuntungan yang didapatkan pedagang tersebut adalah Rp.15.000,00.
Pelajari lebih lanjut: Materi tentang menentukan harga jual dalam suatu perdagangan agar tidak mengalami kerugian: https://brainly.co.id/tugas/26529955 Materi tentang menentukan keuntungan dalam suatu perdagangan: https://brainly.co.id/tugas/2211022 Materi tentang menentukan persentase keuntungan suatu perdagangan: https://brainly.co.id/tugas/26233731_______________________________________________
DETAIL JAWABANKelas: 7
Mapel: Matematika
Bab: 7 - Aritmetika Sosial
Kode: 7.2.7
4. kunci jawaban halaman 66 matematika Bab 7 kelas 8 semester 2
Jawab:
Penjelasan dengan langkah-langkah:
1.c
2.d
3.b
4.b
5.d
6.c
7.c
8.a
9.b
10.d
5. Kunci jawaban matematika hal. 94 kelas 7 uji kompetensi 6 semester 2
Kunci jawaban matematika hal. 94 kelas 7 uji kompetensi 6 semester 2 (Pilihan Ganda)
Saya akan menjawab soal ini dari nomor 1 - 8
Rumus :
Untung / rugi = Pendapatan - Modal
Untung / rugi = [tex]\frac{persentase\:untung\:atau\:rugi}{100}[/tex] x Modal
Kondisi untung apabila pendapatan lebih besar dari modal
Kondisi rugi apabila pendapatan lebih kecil dari modal (negatif)
Pembahasan :1. Tentukan kondisi berikut yang manakah yang menunjukkan kondisi rugi?Pemasukkan Pengeluaran(Rp) (Rp)
a. 700.000 900.000
b. 1.100.000 1.100.000
c. 2.100.000 2.000.000
d. 1.650.000 1.550.000
Untuk menjawab soal ini, maka kita harus tahu dahulu kalau keadaan yang menunjukkan kondisi rugi adalah keadaan dimana pemasukkan lebih kecil daripada pengeluaran
a. Pemasukkan = 700.000
Pengeluaran = 900.000
Kondisi ini adalah kondisi rugi, karena pengeluaran lebih besar daripada pemasukkan
Rugi = 900.000 - 700.000 = 200.000
b. Pemasukkan = 1.100.000
Pengeluaran = 1.100.000
Apabila kondisi pemasukkan = pengeluaran maka kondisi ini dinamakan kondisi impas
c. Pemasukkan = 2.100.000
Pengeluaran = 2.000.000
Pada kondisi ini pemasukkan lebih besar daripada pengeluaran, maka disebut kondisi untung
Untung = 2.100.000 - 2.000.000 = 100.000
d. Pemasukkan = 1.650.000
Pengeluaran = 1.550.000
Kondisi ini dinamakan kondisi untung, karena pemasukkan lebih besar daripada pengeluaran
Untung = 1.650.000 - 1.550.000 = 100.000
2. Seorang pedagang mengeluarkan Rp 1.500.000 untuk menjalankan usahanya. Jika pada hari itu dia mendapatkan keuntungan sebesar 10%. Maka besarnya pendapatan yang didapatkan pada hari itu adalah...
a. Rp 1.650.000 c. Rp 1.400.000
b. Rp 1.600.000 d. Rp 1.350.000
Diketahui :
Modal Rp 1.500.000
Untung = 10%
Ditanya :
Pendapatan ?
Dijawab :
Untung = [tex]\frac{10}{100}[/tex] x Rp 1.500.000 = Rp 150.000
Pendapatan = Rp 1.500.000 + Rp 150.000 = Rp 1.650.000 (A)
3. Pak Dedi membeli suatu sepeda motor bekas dengan harga Rp 5.000.000. Dalam waktu 1 minggu motor tersebut dijual kembali dengan harga 110% dari harga belinya. Tentukan keuntungan Pak Dedi?
a. Rp 500.000 c. Rp 4.500.000
b. Rp 1.000.000 d. Rp 5.500.000
Diketahui :
Modal Rp 5.000.000
Dijual kembali 110% dari harga beli
Ditanya :
Keuntungan Pak Dedi ?
Dijawab :
Harga jual = [tex]\frac{110}{100}[/tex] x Rp 5.000.000 = Rp 5.500.000
Karena harga jual lebih tinggi dari harga beli, maka kondisinya adalah untung
Keuntungan Pak Dedi = Rp 5.500.000 - Rp 5.000.000 = Rp 500.000 (A)
4. Pak Candra membeli suatu sepeda bekas dengan harga Rp 500.000. Dalam waktu 1 minggu sepeda tersebut dijual kembali dengan harga 110% dari harga beli. Tentukan keuntungan Pak Candra?
a. Rp 550.000 c. Rp 50.000
b. Rp 100.000 d. Rp 25.000
Diketahui :
Modal Rp 500.000
Harga jual 110% dari harga beli
Ditanya :
Keuntungan Pak Candra ?
Dijawab :
Harga jual = [tex]\frac{110}{100}[/tex] x Rp 500.000 = Rp 550.000
Karena harga jual lebih tinggi dari harga beli, maka kondisinya adalah untung
Keuntungan Pak Candra = Rp 550.000 - Rp 500.000 = Rp 50.000 (C)
5. Pak Edi membeli mobil dengan harga Rp 160.000.000. Setelah 6 bulan dipakai Pak Edi menjual mobil tersebut dengan harga Rp 140.000.000. Tentukan taksiran terdekat persentase kerugian yang ditanggung Pak Edi?
a. 20% c. 15%
b. 18% d. 12%
Diketahui :
Harga beli = Rp 160.000.000
Harga jual = Rp 140.000.000
Ditanya :
Taksiran persentase kerugian Pak Edi ?
Dijawab :
Karena harga beli lebih tinggi daripada harga jual, maka kondisi ini adalah kondisi rugi. Pertama-tama kita cari dahulu kerugian yang dialami
Rugi = Rp 160.000.000 - Rp 140.000.000 = Rp 20.000.000
Persentase kerugian = [tex]\frac{20.000.000}{160.000.000}[/tex] x 100% = 12,5%
Taksiran terdekat adalah 12% (D)
6. Pak Fandi membeli sepetak tanah dengan harga Rp 40.000.000 1 tahun kemudian, Pak Dedi menjual tanah tersebut dengan keuntungan 16%. Tentukan taksiran terdekat harga jual tanah milik Pak Fandi?
a. Rp 6.400.000 c. Rp 46.400.000
b. Rp 33.600.000 d. Rp 56.000.000
Diketahui :
Harga beli = Rp 40.000.000
untung = 16%
Ditanya :
Taksiran terdekat harga jual ?
Dijawab :
untung = [tex]\frac{16}{100}[/tex] x Rp 40.000.000 = Rp 6.400.000
Harga jual tanah = Rp 40.000.000 + Rp 6.400.000 = Rp 46.400.000 (C)
Pelajari lebih lanjut :Soal-soal tentang Aritmatika sosial :
1. brainly.co.id/tugas/21432898
2. brainly.co.id/tugas/21335926
======================
Detail Jawaban :Kelas : VII
Mapel : Matematika
Bab : Bab 7 - Aritmatika sosial
Kode : 7.2.7
Kata Kunci : untung, rugi, uji kompetensi 6, kelas 7 semester 2
6. Kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 13
Jawaban:
maaf ya kak saya tidak bisa bantu
7. kunci jawaban halaman 290 kelas 7 semester 1 matematika no 2
ini jawabannya ya,semoga membantu
JAWABAN TERLAMPIR DIATAS
SEMOGA MEMBANTU
#NO COPAS
#NO NGASAL
#rizqyZicB
8. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 28
Kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 28. Soal yang dimaksud adalah soal “Ayo kita berlatih 5.3” tentang perbandingan senilai, terdiri dari 10 soal, tetapi untuk halaman 28 adalah soal no 1 dan 2. Disini saya akan menjawab no 1, 2 dan 8. Untuk soal lainnya dapat dilihat di link pelajari lebih lanjut
Bentuk perbandingan senilai adalah:
a ⇒ p b ⇒ qmaka
[tex] \frac{a}{b} = \frac{p}{q} [/tex]Pembahasan1. Tentukan apakah tiap tabel berikut menunjukkan perbandingan senilai. Jika ia jelaskan!
Jawab
a) x₁ = 2, x₂ = 3, x₃ = 8, y₁ = 8, y₂ = 12, y₃ = 24
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{2}{8} = \frac{1}{4} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{3}{12} = \frac{1}{4} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{8}{24} = \frac{1}{3} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} \rlap{/}{=} \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut tidak menunjukkan perbandingan senilai
b) x₁ = 6, x₂ = 10, x₃ = 14, y₁ = 18, y₂ = 30, y₃ = 42
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{6}{18} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{10}{30} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{14}{42} = \frac{1}{3} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut menunjukkan perbandingan senilai
c) x₁ = 2, x₂ = 4, x₃ = 6, y₁ = 12, y₂ = 24, y₃ = 36
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{2}{12} = \frac{1}{6} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{4}{24} = \frac{1}{6} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{6}{36} = \frac{1}{6} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut menunjukkan perbandingan senilai
d) x₁ = 1, x₂ = 3, x₃ = 4, y₁ = 1, y₂ = 9, y₃ = 16
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{1}{1} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{3}{9} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{4}{16} = \frac{1}{4} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} \rlap{/}{=} \frac{x_{2}}{y_{2}} \rlap{/}{=} \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut tidak menunjukkan perbandingan senilai
Jadi dari keempat tabel tersebut, yang menunjukkan perbandingan senilai adalah tabel b dan tabel c
2) Manakah grafik berikut ini yang bukan menunjukkan grafik perbandingan senilai. Jelaskan alasanmu!
Jawab
a) Grafik tersebut melalui titik (–1, –3) dan (1, 3), sehingga
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-1}{-3} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{1}{3} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}}[/tex] maka grafik tersebut menunjukkan perbandingan senilai
b) Grafik tersebut melalui titik (–2, 4), (–1, 1), (1, 1) dan (2, 4), sehingga
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-2}{4} = -\frac{1}{2} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{-1}{1} = -1 [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{1}{1} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{4}}{y_{4}} = \frac{2}{4} = \frac{1}{2} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} \rlap{/}{=} \frac{x_{2}}{y_{2}} \rlap{/}{=} \frac{x_{3}}{y_{3}} \rlap{/}{=} \frac{x_{4}}{y_{4}} [/tex] maka grafik tersebut tidak menunjukkan perbandingan senilai
c) Grafik tersebut melalui titik (–4, –2), (–2, –1), (2, 1) dan (4, 2), sehingga
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-4}{-2} = 2 [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{-2}{-1} = 2 [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{2}{1} = 2 [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}}[/tex] maka grafik tersebut menunjukkan perbandingan senilai
d) Grafik tersebut melalui titik (–3, –3), (–1, –1), (1, 1) dan (3, 3), sehingga
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-3}{-3} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{-1}{-1} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{1}{1} = 1 [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}}[/tex] maka grafik tersebut menunjukkan perbandingan senilai
Jadi grafik yang tidak menunjukkan perbandingan senilai adalah grafik b
8. Rafi mencatat bahwa 60% dari teman sekelasnya adalah perempuan dan dia menyimpulkan bahwa perbandingan perempuan terhadap laki-laki adalah 3 : 5. Apakah kesimpulannya benar. Jelaskan
Jawab
Menurut Rafi, persentase perempuan di kelas tersebut adalah 60% sehingga persentase laki-lakinya adalah
= 100% – 60%
= 40%
Jadi perbandingan perempuan terhadap laki-laki dikelas tersebut adalah
= 60% : 40%
= 60 : 40
= 6 : 4
= 3 : 2
Jadi kesimpulan yang disampaikan oleh Rafi adalah salah, seharusnya perbandingan perempuan terhadap laki-laki adalah 3 : 2
Pelajari lebih lanjutBerikut jawaban soal lainnya
No 3: https://brainly.co.id/tugas/5702118 No. 4: https://brainly.co.id/tugas/9052734 No. 5: https://brainly.co.id/tugas/1222046 No. 6: https://brainly.co.id/tugas/1521107 No. 7: https://brainly.co.id/tugas/1509503 No. 9: https://brainly.co.id/tugas/9019864 No. 10: https://brainly.co.id/tugas/2677103------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Perbandingan
Kode : 7.2.5
9. Kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 75 nomor 1-5
sorry tulisanku kurang rapi
10. kunci jawaban buku paket matematika semester 2 kelas 7 hal 75
Kunci jawaban buku paket matematika semester 2 kelas 7 hal 75. Soal yang dimaksud adalah soal pada “Ayo Kita Berlatih 6.1” tentang keuntungan dan kerugian yang pada halaman 75 tersebut terdiri dari 5 soal uraian. Untuk penyelesaiannya dapat dilihat di pembahasan
Pembahasan1. Tentukan kondisi berikut yang menunjukkan kondisi untung, rugi atau impas
Jawab
a) merupakan kondisi untung karena pemasukan > pengeluaran, yaitu sebesar
Untung = Rp1.000.000,00 – Rp900.000,00 = Rp100.000,00b) merupakan kondisi rugi, karena pemasukan < pengeluaran, yaitu sebesar
Rugi = Rp1.200.000,00 – Rp1.000.000,00 = Rp200.000,00c) merupakan kondisi impas, karena pemasukan = pengeluaran yaitu sebesar
Rp2.000.000,00d) merupakan kondisi rugi, karena pemasukan < pengeluaran yaitu sebesar
Rugi = Rp1.550.000,00 – Rp1.500.000,00 = Rp50.000,00e) merupakan kondisi untung karena pemasukan > pengeluaran yaitu sebesar
Untung = Rp1.000.000,00 – Rp800.000,00 = Rp200.000,002. Diketahui
Modal yang dikeluarkan = Rp1.000.000,00
Kerugian yang ditanggung = Rp250.000,00
Ditanyakan
Pendapatan yang diperoleh = … ?
Jawab
Pendapatan yang diperoleh pada hari tersebut adalah
= Modal – Rugi
= Rp1.000.000,00 – Rp250.000,00
= Rp750.000,00
3. Diketahui
Modal yang dikeluarkan = Rp1.500.000,00
Keuntungan yang diperoleh = Rp200.000,00
Ditanyakan
Pendapatan yang diperoleh = … ?
Jawab
Pendapatan yang diperoleh pada hari tersebut adalah
= Modal + Untung
= Rp1.500.000,00 + Rp200.000,00
= Rp1.700.000,00
4. Diketahui
Modal penjual kerupuk = Rp1.000.000,00
Harga kerupuk per bungkus = Rp6.000,00
Ditanyakan
Banyak minimal kemasan kerupuk agar diperoleh keuntungan Rp2.000.000,00
Jawab
Agar mendapatkan keuntungan sebesar Rp200.000,00 maka pendapatan yang harus diperoleh yaitu sebesar
= Modal + Untung
= Rp1.000.000,00 + Rp200.000,00
= Rp1.200.000,00
Berarti banyak kemasan kerupuk yang harus dibuat
= (Rp1.200.000,00 ÷ Rp6.000,00) bungkus
= 200 bungkus
5. Diketahui
Modal penjual bakso = Rp1.000.000,00
Harga bakso per porsi = Rp8.000,00
Ditanyakan
Banyak porsi bakso yang harus dibuat agar mendapat untung Rp250.000,00
Jawab
Agar mendapatkan keuntungan sebesar Rp250.000,00 maka pendapatan yang harus diperoleh yaitu sebesar
= Modal + Untung
= Rp1.000.000,00 + Rp250.000,00
= Rp1.250.000,00
Berarti banyak porsi bakso minimal yang harus dibuat
= (Rp1.250.000,00 ÷ Rp8.000,00) porsi
= 156,25 porsi
≈ 157 porsi
Jadi porsi bakso yang harus dibuat minimal sebanyak 157 porsi, karena jika hanya membuat 156 porsi, pendapatan yang diperoleh hanya mendapat
= Rp8.000,00 × 156
= Rp1.248.000,00
Kurang Rp2.000,00 lagi dari target yang diinginkan
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang aritmatika sosial
Harga jual jika mengalami keuntungan 20%: brainly.co.id/tugas/9171492 Persentase keuntungan: brainly.co.id/tugas/2071750 Menentukan harga jual dan harga beli: brainly.co.id/tugas/60746------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Aritmatika Sosial
Kode : 7.2.7
11. Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1
Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1. Latihan soal halaman 10 matematika kelas 7 adalah “Ayo kita berlatih 5.1” yang terdiri dari 10 soal tentang perbandingan. Karena pertanyaannya terlalu banyak (tidak sesuai dengan poin yang diberikan), maka disini kita akan membahas 3 soal saja yaitu no 1, 3 dan 4. Namun adik tidak perlu khawatir, untuk jawaban yang lain, bisa adik lihat di link yang diberikan pada “pelajari lebih lanjut”
Pembahasan
Nomor 1
Kalian dapat menjelaskan ukuran sebuah pohon dengan
membandingkannya terhadap pohon lain atau benda yang lain
a) Anton mengatakan bahwa perbandingan diameter ramin terhadap diameter ulin adalah 1 : 6. Apakah pernyataan Anton benar? jelaskan!
Jawab
diameter Ramin : diameter Ulin
= 20 : 120
= (20 ÷ 20) : (120 ÷ 20)
= 1 : 6
Jadi pernyataaan Anton adalah Benar
b) Ria mengatakan bahwa selisih tinggi damar dan gaharu adalah 25 m. Apakah benar? Jelaskan!
Jawab
Selisih adalah perbedaan nilai antara dua bilangan dengan operasi hitung pengurangan nilai yang besar dengan nilai yang kecil
= Tinggi Damar – Tinggi Gaharu
= 65 m – 40 m
= 25 m
Jadi pernyataan Ria adalah Benar
c) Leni mengatakan bahwa keliling ulin sekitar 3 per 4 kali keliling damar, apakah benar? jelaskan!
Jawab
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita gunakan perbandingan antara keliling Ulin dan Keliling Damar
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{\pi d_{Ulin}}{\pi d_{Damar}} [/tex]
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{d_{Ulin}}{d_{Damar}} [/tex]
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{120}{150} [/tex]
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{120 \div 30}{150 \div 30} [/tex]
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{4}{5} [/tex]
5 Kelilling Ulin = 4 Keliling Damar
Keliling Ulin = [tex]\frac{4}{5} [/tex] Keliling Damar
Jadi pernyataan Leni adalah salah, seharusnya keliling Ulin itu sekitar 4 per 5 kali keliling Damar
Nomor 3
Dalam tes menguji rasa dua jenis susu kotak, 780 siswa memilih
Fullcream. Hanya 220 siswa yang memilih Hi-Cal. Lengkapi setiap
pernyataan berikut
a. Terdapat ... siswa lebih banyak yang memilih Fullcream.
Jawab
Selisih siswa yang memilih fullcream dan Hi-cal
= 780 – 220
= 560
Jadi terdapat 560 siswa lebih banyak yang memilih Fullcream.
b. Siswa yang memilih Fulcream lebih banyak daripada yang
memilih Hi-Cal dengan rasio ... : ....
Jawab
Fullcream : Hi-cal
= 780 : 220
= (780 ÷ 20) : (220 ÷ 20)
= 39 : 11
Nomor 4
Kelas VIID di SMP Mandala mengumpulkan data berbagai jenis film
yang disukai oleh siswa kelas VII dan VIII
a) Perbandingan banyak siswa kelas VII yang memilih film drama terhadap banyak siswa kelas VIII yang memilih drama
Jawab
= 105 : 150
= (105 ÷ 15) : (150 ÷ 15)
= 7 : 10
b) Pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siwa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action
Jawab
Ada kesalahan hitung dalam soal yaitu jumlah seluruh kelas VIII seharusnya = (80 + 150) siswa = 230 siswa (bukan 240 siswa), sehingga jumlah seluruh siswa adalah = (180 + 230) siswa = 410 siswa
Jadi pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siwa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action
= [tex]\frac{jumlah \: siswa \: yang \: memilih \: film \: action}{jumlah \: seluruh \: siswa}[/tex]
= [tex]\frac{80 + 75}{410}[/tex]
= [tex]\frac{155}{410}[/tex]
= [tex]\frac{155 \div 5}{410 \div 5}[/tex]
= [tex]\frac{31}{82}[/tex]
c) Perbandingan banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film drama terhadap banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action
Jawab
= (105 + 150) : (75 + 80)
= 255 : 155
= (255 ÷ 5) : (155 ÷ 5)
= 51 : 31
Pelajari lebih lanjut
Jawaban soal no 2
https://brainly.co.id/tugas/1400489
Jawaban soal no 4 jika ada ralat siswa kelas VIII yang menyukai Action adalah 90 orang
https://brainly.co.id/tugas/8992914
Jawaban soal no 5
https://brainly.co.id/tugas/4465336
Jawaban soal no 6
https://brainly.co.id/tugas/9000937
Jawaban soal no 7
https://brainly.co.id/tugas/1188997
Jawaban soal no 8
https://brainly.co.id/tugas/1134587
Jawaban soal no 9
https://brainly.co.id/tugas/1126663
Jawaban soal no 10
https://brainly.co.id/tugas/1344786
------------------------------------------------
Detil Jawaban
Kelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Perbandingan
Kode : 7.2.5
Kata Kunci : Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1
12. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 42-46
بِسْـــمِ اللَّهِ الرَّحْمَــنِ الرَّحِيْمِ
<PQS dan <SQR merupakan sudut berpelurus yang besarnya 180°.
180 = <PQS + <SQR
180 = 5x + 4x + 9
180 = 9x + 9
9x = 180 - 9
9x = 171
x = 171/9
x = 19°
Pelurus <SQR = <PQS
= 5x
= 5 × 19
= 95°
Jawaban Cوَاللَّهُ عَالَمُ بِاالصَّوَافَ
13. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 1 himpunan uji kompetensi 2
Jawaban:
Uji Kompetensi 2 Semester 1
A. Soal Pilihan Ganda
1. Di antara kumpulan berikut yang termasuk himpunan adalah
a. Kumpulan gunung yang tinggi
b. Kumpulan bunga yang baunya harum
c. Kumpulan hewan berkaki empat
d. Kumpulan siswa yang pandai
2. Kumpulan-kumpulan berikut ini yang bukan himpunan adalah ...
a. Kumpulan siswa yang tingginya kurang dari 150 cm
b. Kumpulan bilangan cacah antara 2 dan 10
C. Kumpulan siswa yang berbadan kurus
d. Kumpulan bilangan asli kurang dari 10
3. Himpunan A = {1, 3, 5, 7, 9}, bila himpunan A dinyatakan dengan menyebutkan sifat keanggotaanya adalah
a. A = {himpunan bilangan antara 0 sampai 10
b. A = {himpunan bilangan ganjil antara 1 sampai 9)
c. A = {himpunan bilangan prima antara 0 sampai 10}
d. A = {himpunan bilangan ganjil antara 0 sampai 10}
4. himpunan semesta untuk himpunan A={1,2,3,4,5},B={x|x<2,xe bilangan bulat},dan C={bilangan asli kelipatan 3 yang kurang dari 30} adalah...
a.himpunan bilangan asli
b.himpunan bilangan cacah
c.himpunan bilangan bulat
d.himpunan bilangan cacah yang kurang dari 30
5. Banyaknya himpunan bagian dari K = {a, b, c, d, e) yang mempunyai dua anggota adalah
a. 4 himpunan
b. 8 himpunan
c. 12 himpunan
d. 16 himpunan
6. Diberikan diagram Venn yang menyatakan himpunan A dan B, maka A - B adalah
a.{a,b}
b. {b,c}
c. {e,
d. {g, h)
7. Jika P = {bilangan prima kurang dari 12} dan Q = {bilangan asli kurang dari 12}, pernyataan berikut yang benar adalah
a. 9 bukan anggota dari himpunan P dan Himpunan P bukan himpunan bagian dari himpunan Q
b. 5 bukan anggota dari himpunan P dan Himpunan P adalah himpunan bagian dari himpunan Q
c. 9 adalah anggota himpunan P dan Himpunan P bukan himpunan bagian dari himpunan Q
d. 5 adalah anggota himpunan P dan Himpunan P adalah himpunan bagian dari himpunan Q
8. Dari himpunan berikut yang merupakan himpunan kosong adalah...
a. Himpunan bilangan prima genap
b. Himpunan nama-nama hari yang diawali dengan huruf P
c. Himpunan binatang berkaki 4
d. Himpunan bulan yang diawali dengan huruf N
9. Himpunan semesta dari himpunan A = {0, 4, 8, 12, 16) adalah ...
a. Himpunan bilangan asli
b. Himpunan bilangan ganjil
c. Himpunan bilangan cacah
d. Himpunan bilangan prima
10. Himpunan P = {x|2<x 8, x e Bilangan Asli), jika dinyatakan dengan mendaftar anggota-anggotanya adalah ...
a. {3,4,5,6,7
b. 3, 4, 5, 6, 7,
c. {2, 3, 4, 5, 6, 7}
d. 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8)
11. Diketahui A = {x15x8, xe bilangan Asli). Banyaknya himpunan bagian dari A yang terdiri dari 3 anggota adalah ...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
12. Diketahui A= {x|0<x<3, X e Bilangan Cacah dan B = {1,2,3,4,5). Irisan A dan B adalah
a. {1, 2}
b. {0, 1, 2}
c. {1,2,3}
d. {0, 1, 2, 3, 4)
13. Diberikan S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10), A = {1, 2, 3, 4, 5), dan B= {4, 5, 6, 7, 8). Anggota dari A U B adalah
a. 6, 7, 8, 9)
b. {4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
c. {1, 2, 3, 4, 5)
d. {1, 2, 3, 4, 5, 6)
14. Banyaknya himpunan bagian dari Y ={bilangan prima lebih dari 6 dan kurang dari 20) adalah
a. 8
b. 16
c. 32
d. 64
15. Diketahui S={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8), A={1, 2, 3), dan B = {3,4,5,6). Anggota dari (A-B) B adalah
a. o
b. {3}
c. {1, 2}
d. {1,2,3}
16. Diketahui himpunan A = {1,2,3,4}, B = {bilangan prima kurang dari 6), dan C = {x|2<x< 7 x e bilangan Asli). Anggota dari (AUB) nC adalah
a. {1,2,3,4,5
b. {2,3,4,5)
c. {1,2,3,4}
d. {3,4,5)
17. Dalam suatu kelas terdapat 30 orang siswa. Di antaranya, ada 20 siswa senang pelajaran Matematika, 15 orang siswa senang pelajaran Fisika, dan 10 orang siswa senang keduanya. Banyaknya siswa yang tidak senang keduanya adalah
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
18. Suatu kelas yang berjumlah 25 siswa, terdapat 20 orang siswa yang senang sepak bola, 15 orang siswa senang bulu tangkis, dan 3 orang siswa tidak senang keduanya. Banyaknya siswa yang senang keduanya adalah
a. 3
b. 5
c. 8
d. 10
19. Dalam suatu kelas terdapat 20 orang siswa senang minum susu, 15 orang siswa senang minum teh, 5 siswa senang minum keduanya, dan 3 orang siswa tidak senang keduanya. Banyaknya siswa dalam kelas tersebut ada
Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 185 Semester 1
A. Pilihan Ganda
1. C
2. C
3. D
4. C
5. B
6. D
7. B
8. C
9. D
10. D
11. C
12. B
13. C
14. A
15. D
16. C
17. A
18. D
19. C
20. D
21. B
jadikan jawaban tercerdas!!!
14. Kunci jawaban Matematika Kelas 7 semester 2 Hal. 39 Uji kompetensi 5.4
Kunci jawaban Matematika Kelas 7 semester 2 Hal. 39 Uji kompetensi 5.4
Ayo kita berlatih 5.4 mtk kelas 7 semester 2, merupakan materi Perbandingan yang terdapat pada buku paket Matematika kealas 7 semester 2 K-2013 revisi 2016 halaman 39 - 40 . Saya akan menjawab sebanyak 5 dari 10 soal dan soal bisa dilihat pada lampiran I.
Skala merupakan perbandingan antara ukuran jarak (panjang) gambar dengan jarak (panjang) sebenarnya.
Rumus :
Skala = jarak peta : jarak sebenarnya
Luas sebenarnya = luas peta × k² (k merupakan perbandingan skala)
PembahasanNo 1.
Sebuah peta berskala 1 : 10.000.000. Jarak kota palembang dan jambi = 2,4 cm. Berangkat dari kota jambi ke palembang dengan kecepatan rata-rata = 80km/jam. Dalam perjalanan beristirahat sebanyak 1 kali selama 30 menit. tiba di kota Palembang 10.30 WIB.
a. Berapa jam bis itu diperjalanan?b. Pukul brp sopir bis brgkt dari kota Jambi?Jawab :
jarak sebenarnya = jarak peta : (1/k)
= 2,4 cm : 1/10.000.000
= 2,4 cm × 10.000.000
= 24.000.000 cm
= 240 km
a. waktu = jarak : kecepatan
= 240 km : 80 km/jam
= 3 jam
Lama perjalanan = waktu tempuh + lama istirahat
= 3 jam + 30 menit
= 3 ¹/₂ jam
= 3 jam 30 menit
Jadi lama bis itu diperjalanan adalah 3 ¹/₂ jam
b. berangkat = pk tiba - lama
= 10.30 - 03.30
= pk 07.00
Jadi sopir bis itu berangkat dari kota Jambi pukul 07.00
No 2. https://brainly.co.id/tugas/1321139
No. 3
Disamping rumah Reza, terdapat sebidang tanah berbentuk persegi panjang. Ayahnya merencanakan akan menanami berbagai jenis tanaman obat. Keliling tanah 40 m, dan perbandingan ukuran panjang dan lebarnya adalah 5 : 3. Gambarlah keadaan tanah itu dan tentukan panjang dan lebarnya.
Jawab :
K = 2 (p + l)
40 = 2 (5x + 3x)
40 = 2 × 8x
8x = 40 / 2
8x = 20
x = 20 / 8
x = 2,5
panajng = 5x = 5 (2,5) = 12,5 m
lebar = 3x = 3 (2,5) = 7,5 m
Jadi panjang dan lebar tanah adalah 12,5 m dan 7,5 m
Gambar keadaan tanah bisa dilihat pada lampiran II
No 4.
Ikhsan memiliki 3 orang anak. Pada suatu hari ketiga anaknya terkena flu burung. Sampai di rumah sakit diperoleh data bahwa suhu badan ketiga anak itu masing-masing, 40°C, 39,5°C, dan 40,6°C. Ubahlah ketiga suhu badan itu dalam derajat Reamur dan Fahrenheit.
Jawab :
Untuk perbandingan konversi suhu bisa dilihat pada lampiran III
40° C
R = 4/5 × 40° = 32° R
F = (9/5 × 40°) + 32°
= 72 + 32 = 104° F
39,5° C
R = 4/5 × 39,5 = 31,6° R
F = (9/5 × 39,5) + 32
= 71,1 + 32 = 103,1° F
40,6 ° C
R = 4/5 × 40,6 = 32,48° R
F = (9/5 × 40,6) + 32
= 73,08 + 32 = 105,08° F
No 5.
Jarak kota A dan B pada peta adalah 5 cm. Peta itu berskala 1 : 1.200.000. Amir dengan mengendarai sepeda motor berangkat dari kota A pukul 06.45 dengan kecepatan 45 km per jam. Di tengah jalan Amir berhenti selama 14 jam. Pada pukul berapa Amir tiba di kota B?
Jawab :
jarak sebenarnya = jarak peta : (1/k)
= 5 cm : 1/1.200.000
= 5 cm × 1.200.000
= 6.000.000 cm
= 60 km
waktu = jarak sebenarnya : kecepatan
= 60 km : 45 km/jam
= 1 jam
= 1 ¹/₃ jam
= 1 jam + (¹/₃ × 60 menit)
= 1 jam 20 menit
Amir tiba = berangkat + waktu mengendarai + berhenti
Amir tba = 06.45
01.20
14.00
--------- +
21.65 → 22.05
Jadi Amir tiba dikota B pada pukul 22.05
No 6.
Jumlah suhu badan Robert dan Dodi 133,2°F. Saat itu Robert dalam keadaan flu sehingga suhu badannya 39°C. Berapa derajat celcius suhu badan Dodi?
Jawab :
Robert + Dodi = 133,2° F
C = 5/9 × (°F - 32)
= 5/9 × (133,2° - 32)
= 5/9 × 101,2
= 56,22° C
Robert + Dodi = 56,22° C
39° C + Dodi = 56,22° C
Dodi = 56,22° C - 39° C
= 17,22° C
Jadi suhu badan Dodi adalah 17,22° C
No 9. https://brainly.co.id/tugas/8945298
Pelajari lebih lanjut tentang PerbandinganDenah sebidang tanah dibuat dengan menggunakan skala 1 : 200. a. Jika luas pada denah 48 cm², berapa luas tanah sebenarnya? → brainly.co.id/tugas/13843109Panjang dan lebar sebuah rumah adalah 25 m dan 15 m. Jika digambar dengan skala 1 : 200 maka panjang dan lebar rumah → brainly.co.id/tugas/7191140Setelah berputar 18 kali, roda sepeda menempuh jarak sejauh 27 meter. Jika roda tersebut berputar 12 kali, jarak yang ditempuh → brainly.co.id/tugas/2056378Perbandingan umur edi dengan umur ayah adalah 2 : 6. jika umur ayah 42 tahun → brainly.co.id/tugas/7514553Detil JawabanKelas : 7 SMPMapel : MatematikaBab : 5 - PerbandinganKode : 7.2.5 Kata kunci : perbandingan, skala, jarak sebenarnya, luas peta, konversi suhu, kecepatan, waktu, berangkat, tiba
Semoga bermanfaat
15. kunci jawaban matematika halaman 117-120 semester 2 kelas 7
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 117 - 120 Ayo Kita Berlatih 7.1
Jawaban:
1. Keberadaan titik dengan garis :
- titik terletak di luar garis
- titik terletak pada garis
Keberadaan titik dengan bidang :
- titik terletak di luar bidang
- titik terletak pada bidang
Keberadaan garis dengan bidang:
- garis seluruhnya terletak pada bidang (berimpitan)
- garis terletak di luar bidang
- garis memotong bidang
2. d. himpunan kosong
3. b. garis
4. a) Iya, karena titk C merupakan bagian dari garis AB.
b) Titik R tidak terletak pada garis AB, karena titk R berada diluar garis PQ. Sedangkan titik S terletak pada garis PQ karena karena titk S berhimpitan dengan garis PQ.
c) Titik M tidak terletak pada sinar garis KL, karena titk M tidak berada di luar bagian sinar garis KL tetapi titik P terletak pada sinar garis KL karena sinar garis KL terus berlanjut sampai takhingga. Sedangkan titik N dan O terletak pada sinar garis KL karena karena kedua titk tersebut merupakan bagian dari sinar garis KL.
5. a) Benar, karena garis adalah sekumpulan titik - titik yang berderet.
b) Tidak benar, karena bidang adalah himpunan dari garis - garis.
c) Benar, karena bidang adalah himpunan dari garis - garis.
d) Tidak benar, karena ruang adalah sekumpulan titik - titik yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang terus mengembang tidak terbatas.
6. Tidak ada, karena semua pernyataan Benar
7. A. 3 yaitu ruas garis AB, BC, AC
8. a) Pasangan garis sejajar : garis xy dengan garis wz
b) Garis-garis berpotongan:
- garis mv dengan garis xy dan garis wz
- garis nv dengan garis xy dan garis wz
- garis mv dengan garis nv
9. a) Ruas garis yang saling sejajar :
- AB dengan CD
- BC dengan AD
b) Ruas garis yang saling berpotongan :
- garis AB dengan garis AT dan garis BT
- garis BC dengan garis BT dan garis CT
- garis CD dengan garis CT dan garis DT
- garis AD dengan garis AT dan garis DT
c) Ada, karena kedua garis membentuk sudut siku-siku yaitu :
- garis AB dengan garis BC
- garis BC dengan garis CD
- garis CD dengan garis AD
- garis AD dengan garis AB
d) Tidak Ada, karena dua garis tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak mempunyai titik potong.
10.a) Garis yang saling sejajar :
- garis p dengan garis m
- garis s dengan garis q
b) Garis yang saling berpotongan :
- garis p dengan garis s, garis r, dan garis q
- garis n dengan garis m, garis q, garis r, garis s dan garis p
- garis m dengan garis m, garis q, garis r, dan garis s
11. - garis AD dengan garis BE
- garis AD dengan garis CF
- garis BE dengan garis CF
- garis BC dengan garis EF
- garis AC dengan garis DF
12. a) ruas garis AB dengan ruas garis DF
b) ruas garis DF dengan ruas garis AE, EB, dan AB
c) ruas garis DE dengan ruas garis CF, FB dan BC
13.Ya, Karena kedua gafis tersebut barada dalam 1 bidang yaitu bidang BDHF.
14.a) Garis yang saling sejajar :
- garis AB dengan CD
- garis AD dengan BC
b) Garis yang saling berpotongan :
- garis AB dengan AD, AC, AT, BC, BD, AT, dan BT
- garis CD dengan CB, CA, DA, DB, DT, dan CT
- garis AC dengan BD, dan MT
- garis MT dengan AC, BD, AT, BT, CT, dan DT
c) Garis yang horisontal : garis AB, DC, AD, dan BC
d) Garis vertikal : garis MT
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Semester 2"