Analisis Soal Pilihan Ganda Dan Uraian
B. Soal UraianKerjakan soal-soal di bawah ini!1. Jelaskan langkah-langkah membuat pantun! 2. Analisis lah struktur dan ciri kebahasaan pantun di pilihan ganda!3. Jelaskan perbedaanantara pantun dan gurindam!4. Buatlah masing-masing 5 majas hiperbola, personifikasi, dan alegori!5. Buatlah masing-masing 5 kalimat seruan, berita, tanya, perintah! TolongYaKkPleass
1. B. Soal UraianKerjakan soal-soal di bawah ini!1. Jelaskan langkah-langkah membuat pantun! 2. Analisis lah struktur dan ciri kebahasaan pantun di pilihan ganda!3. Jelaskan perbedaanantara pantun dan gurindam!4. Buatlah masing-masing 5 majas hiperbola, personifikasi, dan alegori!5. Buatlah masing-masing 5 kalimat seruan, berita, tanya, perintah! TolongYaKkPleass
Jawaban:
no:1
1.menentukan judul
2.melihat rima
3.menentukan isi
4.menyusun sampiran
5.mencari kata yang berbunyi sama
Penjelasan:
maaf kalo salah
maaf juga cuman bisa jawab 1 aja
2. A. Latar BelakangMembaca dan menulis merupakan dua jenis keterampilan yang harus dikuasai para siswa dalam bahasa dan sastra Indonesia, di samping menyimak dan berbicara. Keduanya termasuk ke dalam ragam bahasa tulis yang besar sekali kontribusinya bagi prestasi dan masa depan para siswa. Membaca dan menulis juga merupakan identitas peradaban sebuah masyarakat dan sekaligus kunci keberhasilan dan kemajuan bangsa. Namun, sayangnya dua keterampilan inilah yang selalu menjadi persoalan klasik dalam dunia pendidikan Indonesia. Realitas kemampuan membaca dan menulis para siswa kita memang tidak menggembirakan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh sastrawan Taufiq Ismail, melalui observasinya kepada beberapa siswa di kawasan ASEAN, dia mengatakan bahwa anak-anak Indonesia rabun membaca dan pincak menulis atau bahkan dikatakan sebagai bangsa yang malah sudah buta membaca dan lumpuh menulis. Bukti lain turut menguatkan temuan tersebut adalah hasil penelitian International Association for the Evaluation of Educational Achievment (IAEA), melaporkan bahwa kemampuan membaca siswa SD Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Rata-rata skor membaca untuk SD adalah sebagai berikut: (1) Hongkong 755,5, (2) Singapura 74,0, (3) Thailand 65,1, (4) Filipina 52,6, dan (5) Indonesia 51,7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia hanya mampu menguasai 30% materi bacaan. Mereka menemukan kesulitan dalam membaca soal-soal berbentuk uraian yang memerlukan penalaran. Kesulitan ini terjadi karena mereka sangat terbiasa menghafal dan mengerjakan soal-soal pilihan ganda di samping proses pembelajaran yang tidak mendukung terhadap kemampuan penalaran dan praktik.Kurikulum baru yang tidak beberapa lama lagi diberlakukan, merupakan momentum terbaik dalam memperbaiki kondisi yang tidak menggembirakan itu. Apalagi dengan pendekatan yang digunakan kurikulum ini yang sangat kondusif bagi dilakukannya upaya-upaya tersebut. Kurikulum baru tersebut memberdayakan peran guru dalam pengembangannya, terutama dalam pemilihan materi dan penggunaan metode yang sesuai dengan kompetensi para siswanya. Dengan demikian, terangkatnya prestasi dan keterampilan membaca dan menulis siswa, kembali kepada peran para pengajar dalam pengajarannya. Untuk itu, sebuah upaya pembekalan terhadap para pengajar tentang pengembangan kurikulum dan materi pengajaran membaca dan menulis sangat mendesak untuk dilakukan.B. Tujuan Pelatihan1. Tujuan UmumTujuan umum pelatihan ini mencakup dua hal: (1) meningkatkan pengetahuan, penguasaan, dan keterampilan para pengajar terhadap substansi materi membaca dan menulis dan (2) meningkatkan profesionalisme para pengajar dalam mengajarkannya sesuai dengan kompetensi para siswa sesuai dengan indikator-indikator pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum.2. Tujuan KhususSecara khusus, tujuan pelatihan ini adalah sebagai berikut.a. Meningkatkan daya baca para pengajar dalam beragam keterampilan membaca.b. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengajar dalam mengembangkan perencanaan dan implementasi pengajaran membaca di sekolah.c. Meningkatkan daya tulis para pengajar dalam beragam keterampilan menulis.d. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan perencanaan dan implementasi pengajaran menulis di sekolah1.analisis lah kelemahan kebahasaan proposalkebahasaan-- ---analisis-----kekurangan -----
Jawaban:þRead the text carefully below, the text tells us about
Read the text carefully below, the text tells us about
Penjelasan:Read the text carefully below, the text tells us about
Posting Komentar untuk "Analisis Soal Pilihan Ganda Dan Uraian"