Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Rkh Tk Kurikulum 2013


Contoh Rkh Tk Kurikulum 2013

apa perbedaan kurikulum sebelumnya dengan kurikulum 2013? berikan contohnya!

1. apa perbedaan kurikulum sebelumnya dengan kurikulum 2013? berikan contohnya!


jika dari pendapat saya..kurikulum dulu menerapkan kebanyakan dari nilai nilai mata pelarajan..sedangkan yang sekarang diterapkan juga dari Sikap ->justru yang diterapkan terutama adalah sikap saat dikurikulum 2013 Perbedaan nya dari cara pembelajarannya, Pada k-13 murid dituntut untuk bisa menyelesaikan tugas dengan mencarinya sendiri sedangkan guru hanya menerangkan secukupnya saja. Sedangkan pada kurikulum sebelum nya guru diharuskan menjelaskan yang cukup banyak dan itu menyebabkan kebosanan pada murid.

Semoga membantu ^_^

2. Contoh kebijakan kurikulum 2013


mengimplementasikan secara berbaris obaervasi intregatif itu dinilai mengabaikan dengan kesiapan guru.
☆☆☆Maaf klo salah☆☆☆

3. contoh pertanyaan dengan 5w 1h tentang Kurikulum 2013 selain "Siapa yang mengatur kurikulum?" ?


1. how : bagaimana cara penerapan kurikulum 2013 ?
2. when : kapan kurikulum 2013 akan di terapkan ?
3. what : apa yang menyebabkan kurikulum 2013 di terapkan pada indonesia?
4. where : dimana kurikulum 2013 di terapkan ?
5. why : kenapa indonesia menghilangkan KTSP dengan menggatikan Kurikulum 2013?

4. Contoh pertanyaan wawancara tentang Kurikulum 2013?


Apa kurikulum 2013 dengan kurikulum yang sebenarnya?
Mengapa pemerintah membuat kurikulum 2013?
berapa lamakah waktu membuat suatu kurikulum?
siapa saja yang boleh membuat suatu kurikulum negara?

Bagaimana pendapat anda tentang keluhan dari para siswa yang  mengeluh tentang banyaknya tugas di kurikulum 2013 ?

5. contoh pertanyaan dengan 5w+1h tentang Kurikulum 2013 selain "Siapa yang mengatur kurikulum?" ?


apa: apa manfaat kurikulum 2013 bagi para siswa?

siapa : siapa yg mengusulkan pembuatan kurikulum 2013?

kapan : kapan kurikulum 2013 dilaksanakan?

dimana : dimana kurikulum 2013 dilaksanakan?

mengapa : mengapa kurikulum 2013 sangat bermanfaat bagi siswa?

*untuk yg bagaimana, saya kurang tau
*maaf jika typo & kesalahan
*maaf jika kata2nya kurang bagus
*semoga bermanfaat :)


6. Contoh teks tanggapan kritis tentang kurikulum 2013


saya tidak menyukai kurikulum 2013kurikulum 2013 menuntut kita agar kita yg harus mandiri mencari sumber ilmu.. jadi menurut saya kurang setuju,karna terkadang iQ seseorg tidak sama.jadi mungkin saja ada org yg tidak paham atau "telmi".

7. contoh teks monolog tentang kurikulum 2013


Kurikulum 2013 adalah terobosan terbaru dari kemendikbud untuk dunia pendidikan Indonesia. Sesuai namanya, kurikulum 2013 sendiri disahkan atau mulai digunakan pada tahun 2013. Banyak kelebihan dan kekuarangan yang masih terjadi hingga sekarang. Beberapa kelebihannya adalah siswa IPA dapat belajar mata pelajaran IPS sesuai kesukaannya, begitu pula sebaiknya. Namun, banyak kekurangan yang terjadi. Seperti belum siapnya buku cetak, guru-guru yang belum siap, rumitnya sistem penilaian, sistem nilai dari IP hingga berubah menjadi 1-100 lagi, serta waktu anak yang terlalu banyak dihabiskan untuk "belajar". Walaupun banyak kekurangan dan kelebihan, namun para siswa se-Indonesia harus siap dengannya.
Terobosan terbaru dari kemendikbud untuk pendidikan indonesia

8. contoh disscussion text tentang kurikulum 2013


Curriculum 2013 started to be implented on the school academic year 2013/2014. Although it has been officially used but the latest curriculum is still still raising the pros and cons among educational practitioners.
Those who support it state that Curriculum 2013 is actually aiming to solidify the lessons so it does not burden the students. As a result, students will focus on the challenges of the future of the nation. So also with the teachers, they are not burdened in the preparation of the Education Unit Level Curriculum.
Further Curriculum 2013 itself is actually not something new. Curriculum 2013 is a combination of two kinds of earlier educational curriculum in Indonesia; CBSA (active student learning) and KTSP (education level curriculum). It is very advategeous as CBSA teaches students to be critical.
Conversely, those who do not agree with Curriculum 2013 state the new curriculum is less focus because it combines the learning subjects. In primary school it combines science subjects with Indonesian. According to them combining two subjects into one material may not be effective as it does not consider teacher’s competences in most of schools in different regions in Indonesia.
Some parents also do not aggree with Curriculum 2013 as they still want that English is given to students from primary school. They argue that mastering foreign language need long time and prcess and it is good if statred from earlier. They added that many sources of common knowledges is written in foreign language, especially English.
The reason for the application of Curriculum 2013 also does not have a strong foundation. There is no in-depth study of the causes of the failure of previous curriculum which makes it to be replaced with the new one
Finally the pros and cons are always there. Curriculum 2013 has been already implemented. Will this new curriculum successfully lead education in Indonesia to move forward? We’re all going to see it.
IT IS INPLEMENTED IN THE SCHOOL THE YEAR 2013/2014.

9. Contoh bahan diskusi tentang kurikulum 2013


Tema I: Belajar pada Kehidupan Fauna
1. Pemodelan Teks Cerita Moral (Fabel)
a. Memahami teks cerita fabel 4 jampel
b. Mengenal struktur teks cerita fabel 4 jampel
c. Memahami unsur kebahasaan teks cerita fabel 4 jampel

2. Penyusunan Teks Cerita Moral (Fabel) secara berkelompok
a. Menyusun teks cerita fabel dengan kata-kata sendiri 3 jampel
b. Menyusun teks cerita fabel yang urut dan logis 3 jampel
c. Membedakan teks cerita fabel dengan teks yang lain 3 jampel
d. Menelaah unsur kebahasaan teks cerita fabel 3 jampel

3. Penyusunan Teks Cerita Moral (Fabel) secara mandiri 
a. Mengidentifikasi kekurangan teks cerita fabel 2 jampel
b. Membaca dan menulis puisi tentang binatang 2 jampel
c. Merevisi teks cerita fabel 1 jampel
d. Menyusun teks cerita fabel dengan kata-kata sendiri 2 jampel

Tema II: Menepis Lupa Jasa Inspirator Bangsa
1. Pemodelan Teks Biografi
a. Memahami teks biografi 3 jampel
b. Mengenali struktur teks biografi 3 jampel
c. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks biografi 3 jampel
d. Memahami dan mengenang jasa pahlawan melalui puisi 3 jampel

2. Penyusunan Teks Biografi secara berkelompok
a. Mengidentifikasi teks biografi 3 jampel
b. Menelaah unsur kebahasaan teks biografi 3 jampel
c. Menyusun dan meringkas teks biografi 3 jampel
d. Mengungkapkan pikiran dan ekspresi dengan bermain peran 3 jampel

3. Penyusunan Teks Biografi secara mandiri
a. Mengidentifikasi teks biografi 3 jampel
b. Meringkas teks biografi 3 jampel
c. Menyusun dan merevisi teks biografi 2 jampel
d. Menyusun teks biografi berdasarkan identitas tokoh 3 jampel

Tema III: Menggapai Cita Melalui Kreativitas
1. Pemodelan Teks Prosedur 8 jampel
a. Memaham teks prosedur
b. Mengenali struktur teks prosedur
c. Mamahami unsur kebahasaan teks prosedur

2. Penyusunan Teks Prosedur secara berkelompok 2 jampel
a. Menyusun teks prosedur yang urut dan logis 2 jampel
b. Membedakan teks prosedur dengan teks yg lain 2 jampel
c. Menelaah unsur kebahasaan teks prosedur 2 jampel
d. Menyusun teks prosedur dengan kata-kata sendiri 2 jampel

3. Penyusunan Teks Prosedur secara mandiri
a. Mengidentifikasi kekurangan teks prosedur 3 jampel
b. Menyusun teks prosedur dengan kata-kata sendiri 3 jampel
c. Meringkas dan menceritakan teks prosedur 2 jampel
d. Merevisi teks prosedur 2 jampel

ULANGAN HARIAN 4 jampel (@ 1 jampel)

Semester Genap
BAB IV MEMECAHKAN PERMASALAHAN DAMPAK TEKNOLOGI LEWAT DISKUSI
1. Pemodelan Teks Diskusi
a. Memahami teks diskusi 6 jampel
b. Mengenali struktur teks diskusi 5 jampel
c. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks diskusi 5 jampel

2. Penyusunan Teks Diskusi scr kelompok 4 jampel
a. Melengkapi teks diskusi 4 jampel
b. Menyusun teks diskusi 4 jampel
c. Mengidentifikasi dan menelaah teks diskusi 4 jampel
d. Meringkas dan menyusun teks diskusi 4 jampel

3. Penyusunan Teks Diskusi scr mandiri
a. Mencari dan mengidentifikasi teks diskusi 4 jampel
b. Menyusun dan meringkas teks diskusi 4 jampel
c. Menelaah unsur kebahasaan teks diskusi 4 jampel
d. Membandingkan teks diskusi dengan teks eksposisi 3 jampel

BAB V MENGULAS BEBAGAI KARYA SASTRA
1. Pemodelan Teks Ulasan
a. Memahami teks ulasan 3 jampel
b. Mengenali struktur teks ulasan 3 jampel
c. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan 2 jampel
d. Menangkap makna teks ulasan 2 jampel

2. Penyusunan Teks Ulasan scr kelompok 
a. Mengidentifikasi teks ulasan 3 jampel
b. Menyusun teks ulasan 3 jampel
c. Mendiskusikan teks ulasan 2 jampel
d. Mengulas cerpen 2 jampel

3. Penyusunan Teks Ulasan scr mandiri
a. Mencari dan mengidentifikasi teks ulasan 3 jampel
b. Menyusun teks ulasan 2 jampel
c. Mendiskusikan teks ulasan 2 jampel
d. Mengulas cerpen 2 jampel

kayaknyaaaaa itu  sih maaf klo salah ya :)

10. contoh teks eksposisi kurikulum 2013 ?


Seiring dengan perkembangan pendidikan, Indonesia mulai membenahi sistem pendidikannya dengan melakukan perubahan KTSP 2006 menjadi kurikulum 2013. Perubahan kurikulum 2013 ini bertujuan untuk memberikan perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia apalagi pada tingkat SMA.     Pada jenjang SMA di kurikulum 2013, sejak kelas 1 SMA sudah diterapkan sistem penjurusan. Menurut wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim, sistem penjurusan di SMA selama ini hanya didasarkan pada nilai saja tanpa mempertimbangkan nilai siswa. “Tujuannya supaya anak berkembang sesuai keinginan atau minatnya. Selama ini berdasarkan nilai saja belum tentu anak berminat kesana,” ujarnya.
Maka dari itu, siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Adanya interaksi antara guru dengan murid pun sangat diharapkan. “Yang kita bangun di dalam Kurikulum 2013 ini segitiga utuh, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap,” tegas Mendikbud dalam konferensi pers seusai Rapat Terbatas Kabinet di kantor Presiden, Jakarta.   Jadi, pada kurikulum 2013 sistem penilaiannya tidak hanya berdasar pada nilai test atau ulangan, tetapi juga berdasarkan bagaimana siswa merespon materi yang diajarkan, peka terhadap pembelajaran, aktif menanggapi, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk mencetak generasi muda yang siap menghadapi masa depan
TESIS =>> }Perubahan kurikulum 2013 ini bertujuan untuk memberikan perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia apalagi pada tingkat SMA. 
ARGUMENTASI =>> }Menurut wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim, sistem penjurusan di SMA selama ini hanya didasarkan pada nilai saja tanpa mempertimbangkan nilai siswa. “Tujuannya supaya anak berkembang sesuai keinginan/minatnya. Selama ini berdasarkan nilai saja belum tentu anak berminat kesana,” ujarnya. }“Yang kita bangun di dalam Kurikulum 2013 ini segitiga utuh, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap,” tegas Mendikbud dalam konferensi pers seusai Rapat Terbatas Kabinet di kantor Presiden, Jakarta. 
PENEGASAN ULANG =>> }Jadi, pada kurikulum 2013 sistem penilaiannya tidak hanya berdasar pada nilai test atau ulangan, tetapi juga berdasarkan bagaimana siswa merespon materi yang diajarkan, peka terhadap pembelajaran, aktif menanggapi, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk mencetak generasi muda yang siap menghadapi masa depan. 
pada kurikulum 2013 sistem penilaiannya tidak hanya berdasar pada nilai test atau ulangan, tetapi juga berdasarkan bagaimana siswa merespon materi yang diajarkan, peka terhadap pembelajaran, aktif menanggapi, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk mencetak generasi muda yang siap menghadapi masa depan

11. Contoh kalimat anekdot tentang kurikulum 2013


Ceritanya ada seorang tukang becak asal Madura yang pernah dipergoki oleh polisi ketika melanggar rambu “Becak dilarang masuk”. Tukang becak itu masuk ke jalan yang ada rambu gambar becak disilang dengan garis hitam yang berarti jalan itu tidak boleh dimasuki becak.

“Apa kamu tidak melihat gambar itu? Itu kan gambar becak tak boleh masuk jalan ini,” bentak Pak polisi. “Oh saya melihat pak, tapi itu kan gambarnya becak kosong tidak ada pengemudinya. Becak saya kan ada yang mengemudi, tidak kosong berarti boleh masuk,” jawab si tukang becak.

“Bodoh, apa kamu tidak bisa baca? Di bawah gambar itukan ada tulisan bahwa becak dilarang masuk,” bentak Pak polisi lagi.

“Tidak pak, saya tidak bisa baca, kalau saya bisa membaca maka saya jadi polisi seperti sampeyan, bukan jadi tukang becak begini,” jawab si tukang becak sambil cengengesan."
Bagaimana?
apakah adik-adik bisa mengambil pelajaran yang terdapat pada cerita di atas tadi?
Jika belum paham, coba tanyakan kepada gurumu :)

12. contoh kurikulum 2013 yang dilaksanakan disekolah?​


Jawaban:

sekolah sampai hari Jumat. jam pulang sekolah jadi sore. ujian nasional dengan komputer. soal beda beda


13. contoh teks eksposisi tentang kurikulum 2013


Memasuki tahun ajaran 2013/2014, sistem kurikulum 2013 mulai dilaksanakan di beberapa sekolah yang telah ditunjuk pemerintah untuk menjadi piloting kurikulum baru ini. Kurikulum 2013 resmi diberlakukan di 6.329 sekolah dari jenjang SD hingga SMA di Indonesia mulai 15 Juli 2013. Di Jawa Tengah, berdasar data Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum 2013 , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk 877 sekolah sebagai sekolah sasaran pemberlakuan kurikulum baru. Apabila dibandingkan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013 ini memberlakukan sistem pembelajaran semi perkuliahan. Salah satunya, penjurusan minat sejak proses pendaftaran. Kebijakan ini ditetapkan agar siswa lebih fokus mempelajari bidang studi sesuai minat dan bakat. Meskipun sudah melakukan penjurusan sejak awal, siswa MIA tetap bisa mempelajari ilmu sosial dan bahasa. Menurut wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim, sistem penjurusan di SMA selama ini hanya didasarkan pada nilai saja tanpa mempertimbangkan nilai siswa. “Tujuannya supaya anak berkembang sesuai keinginan/minatnya. Selama ini berdasarkan nilai saja belum tentu anak berminat kesana,” ujarnya. Pada sistem kurikulum 2013 ini, siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Adanya interaksi antara guru dengan murid pun sangat diharapkan. “Yang kita bangun di dalam Kurikulum 2013 ini segitiga utuh, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap,” tegas Mendikbud dalam konperensi pers seusai Rapat Terbatas Kabinet di kantor Presiden, Jakarta. Kurikulum 2013 ini memberlakukan pendekatan scientific dan autentik. Pada pendekatan scientific, siswa didorong agar mampu lebih baik dalam melakukan observasi (pengamatan) , bertanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan obyek pembelajaran dengan baik. Sedangkan pada pendekatan autentik, siswa dinilai berdasarkan 3 aspek, yaitu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap. Penilaian ini membutuhkan adanya bukti, misalnya melalui lembar kerja portofolio dan karya-karya dari siswa. Jadi, pada kurikulum 2013 sistem penilaiannya tidak hanya berdasar pada nilai test/ulangan, tetapi juga berdasarkan bagaimana siswa merespon materi yang diajarkan, peka terhadap pembelajaran, aktif menanggapi, dan lain-lain. Materi yang diajarkan dalam kurikulum baru ini disesuaikan dengan tema-tema tertentu. Misalnya untuk pembelajaran bahasa Indonesia, materi yang dipelajari yaitu tentang Gemar Meneroka Alam, Layanan Publik, serta Ekonomi & Politik. Sehingga, dalam hal ini wawasan siswa menjadi lebih luas. Siswa tidak hanya mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kebahasaan saja, namun juga dari bidang lain seperti ekonomi dan politik. Pembelajaran Bahasa Indonesia pun menjadi lebih menyenangkan dengan adanya pendekatan scientific tadi. Siswa menjadi lebih aktif, suasana kelas menjadi lebih hidup, sehingga tidak membosankan. Dengan diberlakukannya kurikulum 2013 ini, bukan berarti kurikulum sebelumnya (KTSP) tidak baik. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum ini disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. “Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi abad 21 menjadi pijakan di dalam pengembangan kurikulum 2013,” ujar Mendikbud Muhammad Nuh. Diharapkan setiap siswa menjadi lebih responsif dan kritis terhadap apa yang ada di sekitarnya. Di sisi lain, perbaikan kurikulum ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.

14. contoh RPP Kelas 8 kurikulum 2013


rpp apa an sih tu maksud nya buku

15. bagaimana contoh teks anekdot tentang kurikulum 2013?


SARANG LABA-LABA Pada saat pak dosen memberi kuliah Sosiologi Hukum, bertanyalah ia pada mahasiswa yang bernama Elisa. Dosen : Saudari Elisa, coba utarakan seringkas mungkin kondisi penegakan hukum di Negara kita tercinta ini…!, tanyanya; Elisa : Bagaikan sarang laba-laba pak!!’ jawabnya tegas; Dosen : Maksudnya…?! Elisa : Kalau kelas nyamuk akan tertangkap dan tak dapat berkutik pak!, sedang kalau kelas kumbang, wah…, jebol pak…!!; Dosen : Kalau kelas gagak?! Elisa : Tak tahu pak…!! Mahasiswa lainnya : Hahaha

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Rkh Tk Kurikulum 2013"